Belajar Menghargai Karya Orang Lain

Belajar menghargai karya orang lain- Saya rasa kebanyakan orang Indonesia masih belum bisa menghargai suatu karya. Apalagi kalau karya tersebut masih dalam bentuk prototype atau sketsa/desain mentah. Beberapa hari yang lalu saya sempat lihat di fp media berita online Tribun Timur, senior fakultas saya dari teknik mesin sedang memamerkan prototype mobil hemat bahan bakar (100km/l) buatan mereka. tapi sayang, ketika baca komentar-komentar masyarakat, bukannya direspon positif atau menghargai karya yang telah mereka (senior) buat, tapi malah menjelek-jelekkan dan membully prototype mobil tersebut.

Ada yang bilang

“itu sih bukan mobil, tapi bentor”

Ada juga yang bilang

“waah ini sih BMW (Becak MeWah)” dlsb…

Sama halnya ketika kurang lebih sekitar sebulan yang lalu. Saya adalah salah satu dari tiga orang yang ditunjuk untuk dimintai tolong buat desain gantungan kunci yang nantinya bakal dipakai untuk pencarian dana fieldtrip. Ketika nunjukin sketsa awal desain saya ke beberapa teman untuk dimintai pendapat, mereka bukannya ngasih masukan, tapi malah tertawa terbahak-bahak sambil bertanya untuk memastikan, “begini desainmu? Haha”

Tapi ketika desainnya sudah jadi 100%, barulah mereka antusias dengan desain yang saya buat. #Indonesia -..-

Ohiya, ngomong-ngomong, di postingan yang sebelum-sebelumnya, saya pernah nulis tentang kolaborasi vektor antara saya dengan seorang blogger cewek yang jago main coreldraw. Tapi sayang, sampai sekarang hasil akhir karya kolaborasinya masih belum saya rasakan kehadirannya. Mungkin saja dia sibuk sampai-sampai dia lupa, atau dia sudah buat tapi saya yang gak tau? (efek banyak tugas = jarang nge-blog) -..-
vektor wajah

Sekarang saya buka aja deh, buat kalian yang pengen kolaborasi vektor/melanjutkan setengah wajah yang belum saya vektorkan (setengahnya lagi sudah :p), atau mungkin ada yang pengen tau gimana cara buatnya terus pengen bongkar-bongkar, kalian bisa download filenya di bawah ini (done with corel x4)



NB: dilarang menghapus atau mengganti sign of my copyright (eftoon art)

5 komentar

Ajarin vector dong bang :D

Reply

yagitudeh bro, orang-orang bakalan ngetawain sama rencana, planning, atau rancangan nya, nanti pas udah jadi pada cengo..
terus aja berkarya, orang lain banyak yang menghina, kurang dapet respon positif, tapi gapapa, lanjut aja, terus berkarya, orang lain bisa ngomentarin doang.. dia sendiri punya karya apa? cuekin dan tunjukin karya yang hebat :)

Reply

nanti deh bang, kalau sempat saya buat tutorial + file jadinya, biar bisa diubek-ubek juga ;)

Reply

sip broh, semangART \:D/

Reply

ayo bro ajarin vector, waktu itu sempet bikin sekali tp pas mau bikin yang kedua malah lebih kesusahan wkwk

Reply

Posting Komentar

Berkomentarlah sepuasnya, selama tidak mengandung unsur pornografi, unsur belerang, dan sara. oke? sip!