Kamera Prosumer

kamera prosumer
Kamera prosumer. Setelah ngebahas alasan-alasan kenapa kamu gak usah beli DSLR di postingan beberapa minggu yang lalu, kali ini saya pengen sharing sedikit tentang kamera prosumer. Karena kebanyakan orang, pada umumnya hanya tau kamera pocket (saku) dan kamera DSLR.

Kamera prosumer sebenarnya gak beda jauh dengan kamera saku, hanya saja, kamera ini sudah dilengkapi dengan fitur mode manual. Mode aparture, panorama, dan lain-lain juga ada disini. Di kamera prosumer juga kalian bisa melakukan setting ISO dan menerapkan rumus segitiga exposure seperti halnya di DSLR. keren kan?

Dengan body yang sekarang lebih banyak menyerupai DSLR, kamera ini juga cocok buat kalian yang suka gaya-gayaan tapi gak begitu minat mendalami fotografi sampai ke akar-akarnya. Gak ribet, harganya ‘masih ada’ yang sesuai kocek, dan tentunya gak makan biaya banyak untuk perawatannya. (gak apa-apa kalau mau dipakai untuk foto narsis, karena prosumer gak punya shutter count / batasan jepret) :D

Untuk lensanya, yah rata-rata kamera digital lah, 12-16 megapixel. Zoomnya juga gak kalah cakep. Beragam, 16x, 30x, sampai 40x perbesaran-pun ada.
kamera prosumer
Nah, untuk kekurangannya, kamera prosumer memiliki model lensa yang permanen alias gak bisa digonta-ganti. Kebanyakan prosumer juga gak bisa diberikan tambahan aksesoris seperti filter pada lensanya, karena tidak terdapat ulir pada lensa untuk memasangnya (kecuali HS series untuk merk fujifilm). Selain itu, sensor kameranya juga terbilang masih cukup kecil/rendah, masih jauh jika dibandingkan DSLR. Sehingga jika hasil foto di zoom maksimal (menggunakan komputer/laptop), tekstur gambarnya gak sehalus foto hasil jepretan kamera DSLR.

Eits, biarpun begitu, jangan salah, karena ada sekelompok orang yang benar-benar hobi menggunakan kamera prosumer. Kalian bisa lihat disini. Hasil-hasil fotonya-pun gak kalah keren sama fotografer yang pakai DSLR. Karena kembali lagi, ini bukan tentang “apa kameranya”, tapi “siapa yang menggunakannya”. :)

Nah, kalau kalian tertarik sama kamera prosumer, kalian tinggal pilih deh, mau pakai buatan mana, Canon? Nikon? Olympus? Fujifilm? Atau yang lainnya? Kalau saya pribadi sih saat ini pakainya kamera prosumer buatan fujifilm dengan series finepix S4500 (14 Mp dengan 30x zoom). Kenapa saya pakai fujifilm? Karena fujifilm punya pilihan yang cukup beragam untuk kamera prosumernya. Terutama HS series, bikin ngiler euy. Harganya juga ada yang setara DSLR. -,-

Ohiya, untuk hasil jepretan kamera prosumer kalian bisa lihat disini. Foto-foto tersebut diambil menggunakan Fujifilm finepix s1600 dan s4500. :)

20 komentar

Sesuai kocek ini maksudnya berapa? Kocek gue ada duit 5 ribu nih. Hehe. Keren juga eh, jadi pengen beli. Cuman gue gak jago2 banget foto. Takutnya kalo pake ini jadinya gak bagus.

Reply

bagus nih gak perlu tambahan lensa karna lensanya permanen. gak perlu keluar uang lagi :D

Reply

Baru tau da kamera kaya gitu. gue emang rada gaptek

Reply

bagus sihh. Tapi kalo pengen yg gak berat tapi kualitasnya sama sama dslr yaa pakek mirroless walau harganya hampir sama sama dlsr..

Reply

wkwk istilah doang itu mah :P sekitaran 1,... udah bisa dapat lah. :D
ya kan belajar broh :P

Reply

tapi sekarang tau kan? :P hehe

Reply

toos.. sy juga lagi ngiler mirrorless sih sebenarnya :3

Reply

Suka quotenya: "ini bukan tentang 'apa kameranya', tapi “siapa yang menggunakannya”. :D.

Penggunaan yang tidak sesuai malah bikin eneg orang yang liat, juga bikin kualitas foto biasa-biasa aja.
Ayee, dapet pengetahuan baru :D. *Palingan besok udah lupa lagi :(

Reply

Nunggu hujan uang ah gue beli.

Reply

Nah ini kamera aku nih, baru tau kalo namanya ProsumerBeberapa waktu lalu aku baru beil soalnya. Harganya lumayan murah, diatas kamera pocket dan dibawah harga dari kamera DSLR. Hasilnya lumayan bagus kalo emang mau belajar tentang fotografi.

Reply

1 Juta-an??? Mau dong. Beli dimana???? Kasih tau aku bang. KEREN Hasil jepretnya. Mau xD

Reply

Tanggung jawab! gue jadi pengen beli, nih. Beliin! :v

Reply

Waduh, susah jg kalo lensanya permanen. Aku mah hobi gonta-ganti lensa. Tp hasil foto jg tergantung siapa yg moto sih.

Reply

kirimain nikon dong satu kesini. dua juga boleh XD
btw, foto2nya keren *_*

Reply

dapet referensi baru nih tentang kamera.
salam kenal yak...
follow juga biar tambah cakep lagi.

Reply

bagus juga tuh kamera, cocoklah buat gaya-gayaan :v
tapi gue tetep lebih minat ke DSLR...
btw, folback blog gue ya :D

Reply

aku pernah pake fujifilm S2980, tapi hasilnya kurang memuaskan. Akhirnya sekarang beli SLR, hehehe..

Tapi ada temen yang pake prosumer Nikon, hasilnya keren. Merk juga mempengaruhi mungkin ya.

Review tentang mirrorless juga dong mas :)

Reply

kamera sekedar alat yang penting orang yg pegang

Reply

ah pengen punya, tapi.. gaada duitt.. -_-

Reply

Posting Komentar

Berkomentarlah sepuasnya, selama tidak mengandung unsur pornografi, unsur belerang, dan sara. oke? sip!